PJ. BUPATI HULU SUNGAI UTARA 'BAPAPANDIRAN' BERSAMA PEMERINTAH DESA

  • Feb 08, 2023
  • Desa Harus
  • Silaturrahmi & Kunjungan

Rabu, 8 Februari 2023

HARUS - Pj. Bupati Hulu Sungai Utara Raden Suria Fadliansyah, M. Pd bersama Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) melakukan kunjungan ke Desa Harus Kecamatan Amuntai Tengah dalam rangka 'Bapapandiran Lawan Pemerintah Desa'. Selasa (7/2/2023).

Dalam kunjungan yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna Desa Harus tersebut juga dihadiri perwakilan dari beberapa desa di Amuntai Tengah seperti Harusan, Sungai Baring, Tigarun, Palampitan Hulu, Palampitan Hilir dan Desa Harus yang bertindak selaku tuan rumah. Kedatangan rombongan Bupati dan SKPD disambut hangat oleh para peserta dari berbagai desa yang berhadir pada forum tersebut. Juga berhadir Ketua DPRD HSU, Dandim 1001 Amuntai-Balangan, Kapolres HSU, Kepala Kejaksaan Negeri HSU, Camat Amuntai Tengah serta Seluruh Kepala Dinas di Hulu Sungai Utara. 

Acara diawali langsung dengan beberapa penyampaiaan dari Pj. Bupati HSU terkait fokus kerja Pemerintah Kabupaten pada Tahun 2023 yang memiliki keterkaitan program dengan Pemerintah Desa  dan mengharapkan agar para Pemerintah Desa bisa saling berdiskusi serta mengutarakan aspirasinya dalam ruang diskusi ini. 

Pada kesempatan tersebut, Salapuddin selaku Kepala Desa Harus memberikan masukan terkait infrastruktur khususnya jalan utama desa yang berstatus sebagai jalan Kabupaten belum sepenuhnya dilakukan perbaikan. Dirinya menerangkan masih terdapat dua titik yang kondisinya sangat mengkhawatirkan dan perlu dengan segera bisa disempurnakan di tahun ini. Tak lupa diawal penyampaiannya ia mengungkapkan banyak terimakasih atas kedatangan Pj. Bupati HSU bersama SKPD maupun jajaran Kepala Dinas yang bertugas di HSU. Selaras dengan Salapuddin, Riyadi selaku Kades Harusan juga menyampaikan hal yang sama terkait desanya. Menurutnya infrastruktur transportasi amatlah penting guna keberlangsungan masyarakat dalam melakukan aktivitas sehari-hari. terlebih dirinya mengungkapkan bahwa jalan di Desa  Harusan selalu menjadi langganan banjir kala musim penghujan tiba mengingat letaknya yang berada di tepian Sungai Tabalong. Selain itu, Riyadi juga mengusulkan agar warganya yang memiliki rumah tidak layak huni bisa mendapat bantuan bedah rumah.

"Kami mengharapkan akses jalan di Desa Harusan pada tahun ini bisa dengan segera dilakukan peninggian dan pengaspalan, sehingga pada saat kondisi banjir air tidak masuk ke permukaan jalan. Kami juga meminta kepada Pj. Bupati dan dinas terkait agar memperhatikan hal ini karena Desa Harusan juga satu-satunya  desa yang belum memiliki akses jalan yang layak. Selain itu kami juga berharap masyarakat kami yang telah diusulkan mendapat bantuan bedah rumah agar diberikan bantuan tersebut," Tutur Kades Harusan.

Dalam kesempatan yang sama, Sumarni aparat Desa Sungai Baring mengutarakan aspirasi masyarakatnya dalam bidang pertanian yang menurutnya pada tahun ini banyak petani yang gagal disebabkan banjir yang datang secara bergantian. Ia mengharapkan adanya perbaikan sistem pertanian oleh pemerintah Kabupaten sehingga masalah-masalah yang ada bisa teratasi. Dirinya juga mendukung program pencegahan stunting dan berharap agar terus terjalin komunikasi dengan desa guna mengatasi itu semua.

Berbeda halnya dengan Yusfi, Kasi Pemerintahan Desa Harus itu menyampaikan asprasinya pada bidang Komunikasi dan Informatika. Ia menginginkan agar dinas terkait dapat melakukan bimbingan pada aparat desa dalam hal sistem informasi desa mengingat betapa pentingnya peran media sosial di era ini dalam menjaga eksistensi desa.

"Kita menginginkan desa-desa dapat menunjukkan eksistensinya ditengah perkembangan teknologi yang begitu pesat, apalagi di tahun 2023 ini setiap desa sudah memiliki laman websitenya masing-masing tinggal bagaimana cara megolah dan mempergunakannya. Maka dari itu kami ingin dinas terkait dalam hal ini yakni kominfo bisa memberi bimbingan ataupun pelatihan misal tatacara membuat artikel, pengumuman dan lain-lain. Sehingga meskipun ada desa yang berada di pelosok bisa tetap terakses lewat media informasi yang mereka miliki," Ungkap pemuda yang akrab disapa Mas Yus itu.

Semua pertanyaan dan aspirasi diberi tanggapan dengan baik oleh pihak Pemerintah Kabupaten dan akan berupaya untuk melaksanakan itu semua.

Kunjungan yang berlangsung dari pukul 11.00 WITA itu akhirnya selesai menjelang waktu shalat zuhur yang ditutup dengan foto bersama sekaligus saling bersalaman antara peserta yang hadir.

 

Editor : Ahmad Yusfi