UPAYA MENJAGA STABILITAS KETAHANAN PANGAN, PEMERINTAHAN 'DESA HARUS' GELAR PELATIHAN BERSAMA GABUNGAN KELOMPOK TANI

  • Nov 29, 2022
  • Mas Yus
  • Pelatihan

Selasa, 29 November 2022

Pemerintah Desa Harus melakukan kolaborasi dengan Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Amuntai Tengah Kabupaten Hulu Sungai Utara dalam rangka kegiatan pelatihan dengan tema "Pelatihan Peningkatan Ketahanan Pangan dan Hewani Tentang Pembuatan Pestisida Nabati dan Pupuk Organik Cair (POC)". Pelatihan ini merupakan bagian dari Program Dana Desa Bidang Ketahanan Pangan yang dianggarkan oleh Pemerintah Desa dan berlangsung selama 2 hari pada tanggal 28 dan 29 November 2022. Adapun peserta yang berhadir pada kegiatan ini sedikitnya berjumlah 50 orang yang terbagi dari  5 kelompok tani, dan 1 kelompok wanita tani desa dengan narasumber Muhammad Gufran dari Penyuluh Pertanian Sungai Karias. Juga berhadir Koordinator Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Amuntai Tengah, Fahnida Ratna Maulidia.

Acara yang juga dihadiri oleh mahasiswa PPL STIPER Amuntai ini dipandu oleh Ahmad Yusfi yang menjabat sebagai Kasi Pemerintahan Desa Harus. Sebelum penyampaian materi dimulai, ada beberapa penyampaian sambutan yang diawali oleh  Salapuddin selaku Kepala Desa Harus dan dilanjutkan sambutan dari Sam'ani sebagai Pendamping Desa. Kegiatan pelatihan kemudian dibuka dengan resmi oleh Fahnida selaku Koordinator Balai Penyuluh Pertanian Amuntai Tengah setelah memberikan beberapa arahan terkait dengan tema pada acara ini. 

Pada hari pertama pelatihan, materi yang disampaikan oleh narasumber berjudul "Pestisida Nabati". Peserta diajarkan tentang cara bagaimana membuat pestisida dari bahan alami dengan tujuan mengurangi penggunaan zat kimia dalam mencegah hama pada tumbuhan. Setelah penyampaian materi selesai, dilakukan praktek langsung dalam membuat pestisida dengan bahan-bahan yang sudah disiapkan sebelumnya. Peserta sangat antusias mengajukan pertanyaan jika ada bagian yang belum dipahami dan sesekali menyelipkan candaan yang disambut gelak tawa oleh semua yang berhadir.

Tak ubahnya hari pertama, pelatihan hari kedua berlangsung meriah dengan cuaca cerah dan terselip senyum penuh semangat dari para peserta yang hadir. Pada kesempatan ini, peserta diberikan materi dengan judul "Pupuk Organik Cair" yang pada hari sebelumnya masing-masing diminta agar membawa apa saja bahan yang diperlukan dalam pembuatan pupuk ini. Sama seperti hari pertama, setelah penyampaian materi disambung dengan praktek pembuatan sekaligus tanya jawab terkait bagaimana cara pembuatan dan fungsi dari pupuk organik cair. 

Kegiatan yang dilangsungkan selama dua hari itu berjalan dengan baik dan lancar, peserta juga diberikan snack dan makan siang selama acara berlangsung dan setelah penutupan ada pembagian uang saku kepada kelompok tani yang berhadir mengikuti pelatihan. "Alhamdulilah kegiatan ini berjalan dengan lancar, harapannya semoga semuanya dapat mengambil manfaat dari ilmu yang sudah didapat selama dua hari ini," ucap A. Rabbani (Sekretaris Desa) pada saat sambutan penutup kegiatan pelatihan.

Tidak ketinggalan, adanya kegiatan pelatihan ini juga disyukuri oleh Petugas Penyuluh Pertanian Desa Harus, Rini Susiawati. Dirinya memberi dukungan penuh terhadap upaya memajukan kelompok tani di tiap desa. "Kita merasa bangga dengan adanya kegiatan pelatihan seperti ini dan menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemdes yang ber-inisiatif memberi ruang untuk peningkatan kapasitas petani yang ada di desa. Peserta pun tampak memahami dan menikmati jalannya pelatihan. Sekali lagi terima kasih banyak kepada semua yang terlibat dalam keberlangsungan acara ini  dan harapannya mudah-mudahan kegiatan seperti ini bisa dijadikan contoh oleh desa-desa lain," ujar Rini ketika dimintai tanggapan setelah acara berakhir.

Kegiatan pun ditutup dengan pembacaan do'a yang dipimpin oleh salah satu peserta kegiatan pelatihan ini.

 

 

Editor : Mas Yus